arrisalah13.blogspot.com - IDLIB  – Salah satu peperangan terdahsyat mujahidin Islam dan mujahidin FSA di provinsi Idlib dalam beberapa bulan terakhir adalah perang “Abu Khathab al-Binnisyi”, yaitu penyerbuan gencar terhadap lembaga asrama militer rezim Nushairiyah Suriah di Idlib yang berada di jalur kota Idlib – Sarmen. Melalui perang gencar dan operasi gabungan yang terkoordinasi dengan baik, mujahidin Islam dan mujahidin FSA akhirnya sukses merebut asrama militer Idlib pada Jum’at (14/6/2013).

Yayasan Media Al-Manarah al-Baidha’, sayap media mujahidin Jabhah Nushrah, telah merilis pernyataan tertulis tentang Perang Abu Khathab al-Binnisyi: penyerangan dan pembebasan lembaga asrama militer Idlib pada Ahad, 12 Ramadhan 1434 H/21 Juli 2013 M lalu.
Sebagai hadiah hari raya Idul Fitri 1434 H, Yayasan Media Al-Manarah al-Baidha’ akhirnya juga merilis video Perang perang Abu Khathab al-Binnisyi: penyerangan dan pembebasan lembaga asrama militer Idlib. Video ini terdiri dari dua bagian.
Video kedua
Video bagian kedua berdurasi 11 menit 20 detik dan mendokumentasikan jalannya peperangan kedua yang berbuah kesuksesan mujahidin merebut asrama militer Idlib.
Operasi gabungan mujahidin
Dalam peperangan yang kedua, Jabhah Nushrah telah bekerja sama dengan kelompok-kelompok jihad lainnya di Idlib. Kelompok-kelompok jihad yang terlibat dalam operasi gabungan dalam peperangan yang kedua adalah:
  • Jabhah Nushrah
  • Harakah Ahrar asy-Syam al-Islamiyah
  • Ahrar asy-Syimal
  • Liwa’ at-Tauhid
  • Liwa’ al-Haq
Peralatan perang dalam peperangan kedua
Setelah percaya sepenuhnya kepada pertolongan dari Allah Ta’ala dan taufik-Nya kepada hamba-hamba-Nya yang beriman, mujahidin yang turut serta dalam serangan kedua mempersiapkan peralatan perang sebagai berikut:
  • Empat buah tank: dua tank T 55, sebuah tank T 62 dan sebuah tank T 72
  • Sebuah meriam Jahannam
  • Dua buah meriam B 9
  • Enam buah mortar kaliber 120 mm rakitan lokal.
  • Sembilan buah meriam kaliber 23 mm
  • Dua pelontar roket N 29
  • Tiga buah meriam kaliber 57 mm
  • Beberapa ranjau dan roket Katyusa rakitan lokal
Kronologi peperangan kedua
Pada hari Selasa pagi, 1 Sya’ban 1434 H/11 Juni 2013 M, peperangan kedua dimulai kembali bekerja sama dan berkoordinasi dengan kelompok-kelompok jihad yang tutur serta dalam operasi gabungan ini. Peperangan akhirnya meluas dan mencakup serangan terhadap posko militer Binnisy Idlib, posko militer Bab al-Hawa, posko militer Mahlaj, posko militer Insyaat, dan posko militer asrama militer. Peperangan difokuskan untuk menyerbu dan merebut asrama militer, sementara itu tembakan meriam diarahkan ke 5 posko militer di sekitarnya untuk menyibukkan mereka dari memberi bantuan terhadap pasukan Nushairiyah di dalam kompleks asrama militer.
Di saat senjata berat mujahidin menghujani asrama militer, satu regu mujahidin berhasil merebut posko militer Binnisy Idlib dan satu regu mujahidin lainnya sukses merebut gedung pembangkit listrik daaerah yang berseberangan dengan posko militer Mahlaj. Regu mujahidin tersebut membuat lubang-lubang di tembok dan kemudian terlibat baku tembak sengit dengan posko militer Mahlaj.
Setelah mujahidin berhasil mencapai tembok asrama militer, baku tembak sengit dengan pasukan murtad Nushairiyah bertambah gencar. Hal itu menambah jumlah regu penyerbu mujahidin yang gugur dan cedera. Maka regu penyerbu mujahidin ditarik mundur, dan senjata berat mujahidin mengambil alih serangan terhadap asrama militer. Pertempuran sengit berlanjut sampai hari Kamis, 13 Juni 2013 M diselingi oleh pertemburan sengit antara regu mujahidin pemutus jalur pasukan bantuan musuh dengan pasukan murtad Nushairiyah.
Pada Kamis petang, 13 Juni 2013 M beberapa mobil pick up militer mengangkut sebagian pasukan murtad Nushairiyah yang ditarik mundur dari asrama militer ke kota Idlib. Mujahidin berhasil menyerang dan melumpuhkan konvoi pick up militer tersebut dengan senapan mesin serta merebut salah satu pick up.
Sekitar pukul 24.00 malam mujahidin menyerbu ke dalam asrama militer dengan senjata ringan dan terlibat baku tembak sengit dengan pasukan murtad Nushairiyah. Pada saat itulah Allah Ta’ala mencampakkan rasa gentar ke dalam hati pasukan murtad Nushairiyah. Segala puji bagi Allah semata.
Pada tengah hari Jum’at, 4 Sya’ban 1434 H/14 Juni 2013 M di saat mujahidin melakukan shalat Jum’at, pasukan murtad Nushairiyah ditarik mundur sepenuhnya dari asrama militer. Mujahidin menyerang mereka dengan sengit dan menimbulkan kerugian jiwa yang besar di pihak mereka. Segala puji bagi Allah semata.
Dengan itu mujahidin sepenuhnya merebut dan menguasai asrama militer Idlib. Segala puji bagi Allah semata.
Hasil peperangan kedua
Menghancurkan sebuah tank, melumpuhkan dua buah tank, menghancurkan sebuah panser, menghancurkan sebuah buldozer, menghancurkan dua buah mobil pick up militer, dan menewaskan sejumlah besar tentara murtad Nushairiyah. Berita-berita yang sampai kepada kami menyebutkan pihak musuh telah berhasil mengidentifikasi nama 50 mayat tentara mereka dan lebih dari 400 tentara cedera, sebagian mereka dievakuasi ke sejumlah rumah sakit di provinsi Lattakia. Mujahidin merebut sebuah tank T 72 generasi ketiga dan sebuah panser. Segala puji bagi Allah semata.
Lembaga asrama militer Idlib berhasil sepenuhnya dikuasai oleh mujahidin, berkat pertolongan dan kekuatan dari Allah Ta’ala semata. Segala puji bagi Allah Rabb seluruh alam.

Link download video bagian kedua
Kwalitas tinggi

Allah Maha Melaksanakan kehendak-Nya akan tetapi kebanyakan manusia tidak memahaminya

Jabhah Nushrah
Yayasan Media Al-Manarah al-Baidha’

Jangan melupakan kami dalam doa Anda
Segala puji bagi Allah Rabb seluruh alam

Sabtu, 3 Syawwal 1434 H/10 Agustus 2013 M