Rabu, 18 September 2013

Komandan Taliban Kembali Pimpin Mujahidin Perangi Pemerintah Setelah Dibebaskan dari Penjara


By on 22.59




arrisalah13.blogspot.com - BADGHIS, AFGHANISTAN - Seorang pemimpin senior Taliban yang baru saja dibebaskan oleh pemerintah Afghanistan, Maulawi Ghulam Mohammad sekarang telah kembali memimpin para pejuang Islam Taliban di provinsi Badghis bertempur melawan pemerintah.


Maulawi Ghulam Mohammad adalah Wakil Gubernur provinsi Ghor selama pemerintahan Islam Taliban sebelum invasi AS pada tahun 2001. Ia ditangkap oleh pasukan asing segera setelah runtuhnya pemerintahan Taliban. Dia berada di penjara selama beberapa tahun, sampai Penjara Bagram diserahkan kepada Pemerintah Afghanistan, yang pada waktu ia membebaskannya.

Saat ini, Maulawi Ghulam Mohammad, seorang komandan senior Taliban yang dibebaskan bulan lalu dari Penjara Bagram, dilaporkan telah bergabung lagi dengan Taliban dan kembali memimpin anggota Taliban melawan pasukan pemerintah.

Komandan Taliban tersebut dikatakan telah bergabung dengan  kelompok itu setelah dia dibebaskan dan sejak itu telah menewaskan 13 petugas Polisi Daerah Afghanistan (ALP) dan melukai 20 lainnya di provinsi Badghis dalam kurun waktu satu bulan.

Sharafuddin Sharaf, Kepala Polisi Badghis, mengatakan bahwa Maulawi Ghulam Mohammad telah ditunjuk sebagai Deputi Gubernur Bayangan Taliban di provinsi Badghis setelah pembebasannya.

Sharaf menambahkan bahwa komandan Taliban tersebut saat ini memimpin sekelompok pejuang Islam berjumlah 400 mujahidin dan telah meluncurkan beberapa serangan mematikan terhadap pos-pos pemeriksaan pasukan keamanan di provinsi tersebut.

Ghulam Mohammad hanyalah pemimpin Taliban terbaru yang telah kembali ke mempimpin pertempuran. Yang paling menonjol adalah Mullah Zakir, yang ditahan pada tahun 2001 dan ditahan di Teluk Guantanamo, dan kemudian dipindahkan ke tahanan Afghanistan dan dibebaskan pada tahun 2007. Zakir dengan cepat kembali ke pertarungan, dan pada tahun 2009 diidentifikasi sebagai "komandan gelombang besar" Taliban, dia bertanggung jawab untuk melawan lonjakan kekuatan AS di selatan mulai tahun 2009. Zakir sekarang komandan tinggi militer Taliban.
Pemerintah Pakistan sedang mempersiapkan untuk membebaskan Mullah Baradar, yang digantikan oleh Zakir. Ini diasumsikan bahwa pembebasannya akan memfasilitasi perundingan damai dengan pemerintah, namun demikian, banyak pihak meragukan hal tersebut dan memperkirakan bahwa Baradar akan kembali ke Afghanistan dan memimpin pertempuran melawan pasukan asing dan pemerintah sebagaimana para komandan Taliban lain yang telah dibebaskan sebelumnya.

sumber : voaislam

0 komentar:

Posting Komentar