Sabtu, 24 Agustus 2013

Militer Blokir Jalan Jalan Utama Kairo Untuk Minimalisir Kumpulnya Massa Ikhwan di Jumat Syuhada


By on 00.06



mursi demo 1







arrisalah13.blogspot.com - Militer Mesir bersiaga ketika ribuan massa menyerukan kembali demonstrasi protes tersebar di Kairo, namun kali ini massa Ikhwanul Muslimin tidak berhasil menembus  barikade pihak keamanan Mesir sehingga  massa demonstran tidak terkumpul dalam  jumlah besar.

Dalam demonstrasi sehari yang dijuluki “Jumat Martir,” massa demonstran  meneriakkan menentang tindakan  militer dan mengacungkan poster  Mohammed Mursi di jalan-jalan dan di lingkungan Masjid. Setidaknya satu orang tewas dalam bentrokan di kota Delta Tanta.
Ribuan massa berbaris melalui jalan-jalan di Kota Nasr Kairo, beberapa meneriakkan: “Kami bersedia untuk mengorbankan hidup kami” dan “Kami berjanji kepada para Syuhada bahwa kita akan mengakhiri pemerintahan militer,” mengacu pada ribuan  orang yang gugur  dalam bentrokan dengan  militer dalam pembubaran demonstrasi di awal bulan ini. Seorang pria mengangkat tinggi-tinggi gambar Mursi dengan kata-kata, “presiden yang sah.”
Tapi unjuk rasa besar untuk mengambil alih jalan-jalan utama dan alun-alun gagal terwujud karena dihadang  kendaraan lapis baja dan tentara juga dikerahkan untuk mengurung  masjid dan daerah strategis lainnya. Militer juga menutup jalan-jalan utama, beberapa jalan layang dan  Tahrir Square dan plaza lainnya yang bertujuan untuk mencegah kubu pro-Mursi dari mengumpulkan orang secara massal.
Kendaraan lapis baja juga berjaga jaga di istana presiden dan memblokir Masjid Rabaah al-Adawiya .
Pihak berwenang juga telah memberlakukan jam malam  hingga subuh selama seminggu terakhir di Kairo dan provinsi lain, mereka  mengosongkan jalan-jalan menjelang malam.
Hingga saat ini ,  sulit bagi media mencari berita , bahkan  untuk menemukan seorang pejabat Ikhwan untuk memberikan komentar menjadi suatu yang tidak mudah.
Di kota Delta Tanta, beberapa bentrokan pecah antara demonstran dan penduduk lokal , sebagian melempari dengan batu kepada sebagian yang lain. Polisi menembakkan gas air mata untuk menghentikan bentrokan  di kota Delta Tanta. Satu pendukung pro-Mursi gugur dan 26 terluka dalam kerusuhan itu, seorang pejabat medis setempat mengatakan.
sumber : eramuslim

0 komentar:

Posting Komentar