Minggu, 26 Oktober 2014

Intelijen Jerman: Jangkauan MANPADS IS Mampu Rontokkan Pesawat Penumpang


By on 20.09

IS Gunakan MANPADS untuk Tembak Jatuh Helikopter
Intelijen Jerman: Jangkauan MANPADS IS Mampu Rontokkan Pesawat Penumpang
arrisalah13.blogspot.com - Berlin  - Badan Intelijen Jerman (BND) memperingatkan bahwa pasukan IS kini mampu menembak jatuh pesawat penumpang. Menurut BND, IS sudah memiliki sistem pertahanan udara portabel modern.
Laporan perihal kemampuan IS yang bisa menembak jatuh pesawat penumpang itu pertama kali dilansir media Jerman, Bild am Sontag.

Sistem pertahanan udara modern itu diperoleh IS dengan merampas dari gudang militer Angkatan Darat Suriah. Sistem pertahanan udara model 1970-an tersebut biasa dikenal dengan nama sistem pertahanan udara portabel modern (MANPADS). (baca juga: [gambar] IS gunakan MANPADS untuk menembak jatuh helikopter]
Dengan sistem itu, satu orang saja mampu menembakkan rudal ke udara dengan bahunya yang bisa menjatuhkan pesawat penumpang atau pesawat komersial.
”Tidak senjata yang seperti sistem pertahanan udara lainnya, MANPADS mudah digunakan, milisi terlatih dapat menggunakan senjata api secara akurat,” bunyi laporan media Jerman.
Pemerintah Jerman belum mengkonfirmasi laporan itu. Sebaliknya, beberapa maskapai, termasuk Austria Airlines dan Qatar Airways masih terbang di wilayah udara di Irak utara yang dikuasai IS.
Pada bulan Oktober 2014 lalu, ada laporan bahwa kelompok IS telah menyerbu dan merampas gudang militer Irak, yang di dalamnya terdapat MANPADS.

sumber : lasdipo

0 komentar:

Posting Komentar